jump to navigation

LINGKUNGAN HIDUP April 12, 2010

Posted by adiwidia in geografi.
trackback

BAB V

LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

LINGKUNGAN HIDUP                     

Lingkungan hidup menurut Otto Sumarwoto (1989) adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya dan keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehdupan dan kesejahteraan serta makhluk hidup lainnya.

Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan organisasi dalammelangsungkan kehidupannya. Lingkungan hidup merupakan keseluruhan unsur atau komponen unsur atau komponen yang berada di sekitar individu yang mempengaruhi kehidupan dan perkembangan individu yang berasangkutan.

Lingkungan hidup sangat dipengaruhi oleh :

  1. hubungan atau interaksi antar unsur dalam Lingkungan hidup.
  2. Kondisi unsur Lingkungan hidup
  3. Kondisi fisik, misalnya kondisi suhu, cahaya, dan kebisingan, dan
  4. Jenis dan jumlah masing-masing unsur Lingkungan hidup

 

KOMPONEN LINGKUNGAN HIDUP

Komponen lingkungan hidup terdiri atas lingkuingan biotik dan abiotik.

1. Lingkungan biotik, semua makhluk hidup yang menempati bumi, yang terdiri atas tumbuhan, hewan, manusia.

Menurut fungsinya, komponen biotik dibedakan menjadi 3 kelompok utama, yaitu

1)     kelompok produsen

2)     kelompok konsumen

3)     kelompok pengurai

2. Lingkungan abiotik

Lingkungan abiotik adalah benda-benda mati yang ada di bumi tetapi mempunyai pengaruh pada kehidupan makhluk hidup yangada di dalamnya.

Yang termasuk kelompok abiotik adalah tanah, atmosfer/lapisan udara, air, sinar matahari.

 

 

Arti penting lingkungan bagu kehidupan

Alam menyediakan segalanya bagi kebutuhan hidup manusia, tetapi alam juga mempunyai keterbatasan. Pada saat manusia belum berkembang seperti sekarang ini, keseimbangan antara kebutuhan manusia dan ketersediaan hampir dikatakan tidak ada masalah. Namun, pada saat mulai terjadi ledakan penduduk, manusia mulai menyadari bahwa alam tidak selamanya dapat menyediakan segala kebutuhan manusia. Beberapa kenis kebutuhan manusia memang mengalami pembaharuan di dalam melalui proses daur ulang,namun akibat pengaruh manusia, proses tersebut mengalami gangguan keseimbangan.

Manusia dalam hidupnya selalu berhubungan dengan lingkungan alam. Lingkungan alam sendiri terdiri atas lingkungan fisik, seperti air, tanah, udara, dan fauna, serta lingkungan nonfisik, yaitu lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya.

Setiap lingkunganhidup diatur oleh suatu hukum alamsecara otomatis. Artinya, jika salah satu komopnen rusak, maka akanmengganggu komponen yang lain. Pada dasarnya tiap komponen di dalam lingkungan hidup dapat dikatakan satu untuk yang lain dan bila salah satu unsur mengalami kepunahan,maka akan terjadi ketidakseimbangan lingkungan (bencana)

 

Iklan
%d blogger menyukai ini: